Wednesday, October 30, 2013

SAMBAL TONGKOL CABE HIJAU




Mendengar kata ' Sambal Tongkol Cabe Hijau ' pasti akan membuat adik laki-laki saya satu-satunya tersenyum kegirangan. Begitu sukanya dia dengan menu yang saya ciptakan sendiri itu.


Ciee, ciptakan... Preet!!! Jangan percaya ya... Hahahaha....

Hahaha... ya karena memang menu itu saya karang sendiri tanpa ada yang mengajari saya, meskipuuun... sambal cabe hijau itu bukanlah menu yang asing bagi kita orang Indonesia. Apalagi bagi mereka yang berasal dari Sumatera, Palembang, Bengkulu, Jambi, Padang dan sekitarnya. Sambal cabe hijau tentu merupakan menu mereka sehari-hari.

Sambal Tongkol Cabe Hijau saya ini pun tidak berbeda dengan sambal tersebut. Bahkan memang mengadaptasi sambal cabe hijau dari teman saya yang dari Padang. Hanya saja mungkin ini lebih simple dan praktis karena saya tidak melibatkan santan dalam pembuatannya.


Yuuuk, mari kita simak bagaimana cara saya membuatnya....!!!


BAHAN :

1/2 kg ikan tongkol segar

1 ons cabe hijau ( atau sesuaikan selera level pedas yang anda suka )

8 siung bawang merah yang besar

4 siung bawang putih

garam secukupnya

penyedap rasa ( masako atau royco )



CARA MEMASAK :


  1. Potong ikan tongkol sesuai selera anda, buang kepalanya lalu cuci bersih dan tiriskan.
  2. Goreng ikan tongkol setengah matang saja, jangan terlalu kering.
  3. Goreng cabe hijau, bawang merah dan bawang putih sebelum dihaluskan agar aroma 'sengak / langu'nya hilang. Sebentar saja, jangan terlalu kering.
  4. Haluskan cabe hijau, bawang merah, dan bawang putih. Lebih enak diulek daripada di blender, tapi terserah saja jika anda tidak ingin repot.
  5. Tumis bumbu yang telah anda haluskan tersebut kemudian tambahkan garam dan penyedap rasa.
  6. Tambahkan setengah gelas air, lalu masukkan ikan tongkol.
  7. Rebus ikan tongkol bersama bumbu hingga air rebusan habis / mengering dan menjadi sambal.
  8. Hidangkan dengan nasi hangat sesuai selera anda.


Catatan : Orang-orang lebih suka menikmatinya dengan daun singkong rebus sebagai pelengkap.


Selamat Mencobaaa....!!!!

No comments:

Post a Comment