Saturday, December 10, 2016

NYOMOK TEMPE, SI PEDAS KHAS BLORA

DJENG NAWANG



Satu lagi masakan khas Blora yang mungkin belum terlalu banyak dikenal orang, namun tentu sangat populer di kalangan kami sendiri sebagai orang Blora.

Perkenalkan sayur 'NYOMOK TEMPE'.

Dari namanya tentu kita dapat menebak bahwa bahan dasar dari sayur ini adalah tempe. Si sehat berbahan dasar kedelai ini tergolong murah dan banyak ditemui di pasar manapun di negara kita. Alhamdulillah yaaa... Hahahaha...

Sayur ini memiliki cita rasa yang gurih dan pedas. Namun itu bisa kita sesuaikan sendiri samai dimana level pedas yang kita inginkan. Tinggal tambah cabenya aja ya, kan. Hahahaha...

Nyomok tempe ini biasa disertakan sebagai salah satu masakan andalan dalam setiap acara yang berbau kenduri oleh masyarakat Blora. Rasanya belum lengkap bila dalam acara hajatan kami tidak menjumpai Nyomok Tempe. Kurang gurih-gurih enyoiii gitu... ahahahah... Namun bukan berarti dalam keseharian kami tidak ada yang memasak sayur ini. Hanya saja mungkin para ibu muda yang sibuk sekarang tidak memiliki banyak waktu untuk membuatnya dikarenakan ragam rempahnnya yang tergolong rumit.. eh buanyaaakk... susah juga hapalinnya... kalau kurang satu aja... jadi ga pas juga kan rasanya... iya kan...

Bentar yaaa, saya minta bocoran dulu ama ibuk tercinta... jiahahahahah...
OKEY, bebs..

Mari kita mulai dari bahan-bahan yang harus disiapkan dulu ya...

BAHAN :

250 gr tempe iris dadu atau segitiga
2 buah ikan panggang (ikan asap)
500 ml santan (bagi menjadi santan bening dan santan kental)

BUMBU IRIS :

5 butir petai (sesuai selera, beb)
6 buah cabe hijau
5 buah cabe merah
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 tomat ukuran sedang

BUMBU ULEG :

1/2 sendok teh merica
kunyit (seukuran 1 butir jagung)
2 butir kemiri
4 buah cabe rawit
1 siung bawang putih

BUMBU LAIN :

2 ruas jahe (geprek)
1 ruas lengkuas
1 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk

Banyak yaaaa... hahahaha...

Oke mulai cara memasak yaaa...

  1. Pertama letakkan tempe, ikan panggang dan santan bening dalam panci dulu ya. Letakkan dulu, ga pakai api hehehe..
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah di rajang tadi sampai kekuningan, baru menyusul bumbu iris yang lain seperti cabe hijau, cabe merah, tomat dan petai. Tumis hingga layu.
  3. Setelah bumbu iris layu masukkan bumbu uleg dan bumbu lainnya seperti jahe, lengkuas, daun salam, daun jeruk. Tumis hingga sedikit berminyak dan berbau haruuuum.. Hmmm.. ceklek, matikan kompor!
  4. Masukkan bumbu yang sudah ditumis tadi ke dalam panci yang berisi tempe, ikan panggang dan santan. Rebus hingga mendidih.
  5. Tambahkan garam, gula dan penyedap rasa (jika berkenan). Kira-kira sendiri ya, beb. Tapi gulanya sedikit saja, kira-kira seujung sendok teh. Cuma sebagai penyeimbang rasa aja.
  6. Setelah mendidih, masukkan santan kental. Rebus hingga mendidih dan tempe menjadi matang. Hmmm... Sluuurrrpp... cicipi.. pas rasanya??? Matikan kompor, ceklek!!!
  7. Hidangkan!!! Hahahaha...
  8. Mantab disantab di siang hari baik dalam cuaca panas ataupun hujan. Guriiih, pedesss, sedeeep... ughh.. mana tahan, udah ngeces aja nih rasanya..


Nah, selamat mencoba!!!

Salam ~DJENG NAWANG~

No comments:

Post a Comment