Thursday, October 31, 2013

SENI BARONG ( BARONGAN ) BLORA

BARONGAN


Apakah Anda tahu tentang Seni Barong ( Barongan )?!??

Ya, Seni Barong atau orang Blora lebih suka menyebutnya Barongan adalah salah satu kesenian pertunjukan asli Blora.  Namun dalam perjalanannya seni barong juga mengadaptasi seni reog Ponorogo yang di akulturasikan dan rangakaian dalam acara pertunjukan barongan. Sebuah pertunjukan Barongan biasanya terdiri dari serangakaian atraksi yang ditampilkan secara bergantian mulai dari tari barong, tari bujang ganong, tari jaranan, reog, atraksi kekebalan fisik dan diakhiri dengan pelawak atau dagelan.


  1. TARI BARONG
    Di lakukan oleh satu atau dua orang dalam sebuah kostum barongan. Barongan sendiri merupakan sebuah boneka replika dari sosok harimau atau singa yang terbuat dari kayu jati khas Blora yang terkenal kuat dan kokoh. Biasanya dalam tari barong ada 3 - 5 barongan yang tampil dan menari diiringi gamelan dengan iramanya yang khas barongan.
  2. TARI BUJANG GANONG
    Tari Bujang Ganong adalah sebuah tarian yang dilakukan oleh seorang laki-laki yang memerankan sosok seorang ksatria yang lincah dan ramah.
  3. TARI JARANAN
    Tari jaranan atau biasa disebut kuda lumping biasanya dilakukan oleh 2 orang laki-laki yang berperan sebagai ksatria tampan yang menunggang kuda, seorang laki-laki yang berperan sebagai seorang gendruwon, kadang juga ditambahkan dengan 2 orang perempuan dengan kostum laki-laki yang juga berperan sebagai ksatria tampan dan kemayu yang menunggang kuda. Tarian ini terkesan sangat lincah dan energik.
  4. REOG
    Reog dalam sebuah pertunjukan barongan merupakan adaptasi dari seni reog Ponorogo. Pertunjukan yang ditampilkan pun tidak jauh berbeda dengan seni reog Ponorogo.
  5. ATRAKSI KEKEBALAN
    Dalam atraksi kekebalan fisik ini bbiasanya ada beberapa pemain yang 'kerasukan' sehingga apapun yang mereka lakukan terhadap tubuh mereka maka mereka tidak akan merasa kesakitan ataupun terluka. Seperti mengupas kelapa dengan gigi, makan rumput, makan beling, makan silet, dicambuk, berguling di atas daun salak yang penuh duri ataupun berjalan diatas bara api.
  6. PELAWAK ATAU DAGELAN
    Biasanya dimainkan di akhir acara sebagai penyegar suasana. Biasanya juga diselingi dengan musik dan lagu campur sari.


Barongan Blora sudah terkenal hingga ketingkat nasional. Terbukti setiap tahunnya Dinas Pariwisata mengirimkan Seni Barongan Blora sebagai perwakilan dalam lomba seni tingkat nasional. Paguyuban-paguyuban barongan pun begitu banyak bermunculan di Blora. Semua berada dibawah asuhan Dinas Pariwisata Kabupaten Blora.

Barongan Blora sangat populer di kalangan orang dewasa dan anak-anak. Bahkan baru-baru ini banyak sekali bermunculan barongan-barongan anak. Antusiasme mereka terhadap barongan seolah tidak dapat dibendung lagi. Toko-toko merchandise yang menjual replika barongan, topeng bujang ganong dan pakaian ala barongan pun sudah mulai menjamur.

Dalam event tahunan kota Blora, barongan selalu menjadi primadona tampil memeriahkannya seperti dalam acara 17 Agustusan, HUT kota Blora ataupun pesta rakyat lainnya.

Bebarapa Paguyuban Seni Barongan yang paling populer di Blora antara lain Sekarjoyo, Risang Guntur Seto, Singo Kubro, Sindung Riwut dan lain-lain.

Hal tersebut membuktikan bahwa masyarakat kota Blora masih sangat mencintai kesenian daerah mereka sendiri dan berusaha untuk melestarikannya. Saya berharap suatu saat Seni Barongan Blora akan lebih maju dan terkenal hingga ke mancanegara.
Gladi Bersih tim Barongan Blora untuk Lomba Seni Tingkat Nasional di TMII
Topeng Gendruwon

No comments:

Post a Comment