Monday, April 10, 2017

TIPS BELANJA ONLINE AMAN DAN MEMUASKAN

MASIH TAKUT BERBELANJA ONLINE??!


INI DIA TIPS BAGI ANDA YANG MASIH TAKUT BERBELANJA ONLINE!


Di era globalisasi ini kegiatan keseharian kita tidak pernah lepas dari yang namanya internet. Segala hal dapat kita akses melalui internet, termasuk berbelanja.

Berbelanja via internet bukan lagi hal yang aneh atau menakutkan sekarang ini. Banyak sekali toko-toko online yang menawarkan berbagai produk mereka dengan tawaran diskon dan segala kemudahan bagi para calon konsumen.

Hal tersebut membuat para konsumen pun begitu antusias untuk memesan berbagai produk yang mereka inginkan. Bahkan tidak hanya berbelanja saja, mereka juga berubah menjadi pelaku bisnis internet sebagai penambah pendapatan mereka. Semua orang berlomba-lomba untuk meraih simpati konsumen dengan produk mereka masing-masing. 

Namun ditengah persaingan bisnis online yang semakin ketat, ternyata masih banyak orang yang takut untuk berbelanja online dikarenakan banyak alasan versi mereka masing-masing. Dari mulai ribet, kelamaan, barang pesanan tidak sesuai gambar, susah dalam hal pembayaran, sampai masalah rawan penipuan.


Coba, mari kita ulas satu persatu alasan anda!!!

1. RIBET

Hampir semua orang kini mampu mengakses internet baik melaui PC maupun ponsel. Anda tinggal masuk ke link sebuah Online Shop, pilih barang yang anda inginkan dan mengisi setiap form yang tersedia dengan benar dan akurat, termasuk untuk sistem pembayaran yang anda inginkan, submit. BERES!

Tunggu konfirmasi berikutnya hingga barang anda dikirim ke alamat anda.

Apanya yang ribet??

Bukankah anda tinggal duduk manis pejet-pejet tombol hp ataupun pc, kirim pembayaran, barang sudah tiba di rumah anda.

Anda tidak perlu keluar rumah, tidak perlu berdandan dulu, anda tidak kehilangan banyak waktu, anda tidak keluar ongkos taxi (hanya ongkos kirim yang ternyata jauh lebih murah daripada ongkos taxi), tidak perlu repot menenteng barang belanjaan, tidak perlu khawatir akan meninggalkan si kecil, anda dapat bertransaksi di manapun anda  berada selama ada akses internet. 

Ya, kan?



2. KELAMAAN???

Masa sih? Sekarang banyak lho Online Shop yang menjamin bahwa barang pesanan akan tiba tepat waktu hanya dalam hitungan 2-3 hari. Untuk ukuran pengiriman barang keluar kota tentu tenggang waktu tersebut tidaklah terlalu lama. Bandingkan jika anda yang berada di luar kota harus datang sendiri ke toko realnya seperti yang tercantum di alamat. Hehehe.. lebih lama bukan???


3. BARANG PESANAN TIDAK SESUAI???

Untuk masalah ini, maka kita sebagai konsumenlah yang harus pandai-pandai memilih dan teliti dalam membeli sebuah produk. Jangankan produk online, produk di pasar nyata pun jika anda tidak teliti maka anda juga bisa saja membeli barang yang salah, cacat ataupun kadaluarsa. Benar, tidak?

Nah, oleh karena itu sebelum anda memesan suatu produk teliti dulu deskripsi detail dan spesifikasi produk tersebut. Jangan lakukan transaksi sebelum anda baca secara tuntas tentang spesifikasi produknya, jika nantinya anda kesal dan menggerutu tidak jelas karena merasa tidak puas. Semua Online Shop pasti mencantumkan segala detail dan spesifikasi setiap produknya. Jadi, baca dengan teliti yaaa!!!

Setelah Anda yakin dengan detail produk yang hendak dibeli, silahkan lakukan transaksi.


4. SUSAH DALAM HAL PEMBAYARAN

Memang sebagian besar Online Shop menggunakan jasa perbankan dalam pembayaran karena metode pembayaran inilah yang paling mudah untuk pembayaran jarak jauh. Tentu saja anda harus memiliki rekening bank untuk mentransfer pembayaran anda ke rekening bank Online Shop tersebut. Bahkan ada juga yang bisa dibayar menggunakan credit card.

Lhoh?? Anda tidak punya rekening bank?

Jangan khawatir...

Sekarang beberapa Online Shop menyediakan layanan Cash On Delivery atau biasa disingkat COD (bayar ditempat), meskipun hanya berlaku di beberapa kota besar saja. Lalu bagaimana jika anda tinggal di kota kecil???

Masih ada cara lain, kok. Online Shop tertentu bahkan menyediakan metode pembayaran melalui Indomart dan Alfamart. Keberadaan toko retail tersebut saat ini bahkan telah menjangkau pedesaan. Jadi semakin mudah saja bukan?


5. RAWAN PENIPUAN

Benar!!!

Memang banyak sekali sekarang penipuan melalui media internet dengan berbagai kedok. Tapi anda tidak perlu secemas itulah. Banyak kok Online Shop yang terpercaya dan berkelas yang bisa dipertanggungjawabkan keberadaannya.

Sebelum anda membeli lihat dengan jelas profil Online Shop tersebut. Mulai dari namanya terkenal atau tidak, perorangan atau perusahaan, ada alamat jelas, nomor telepon yang bisa di hubungi, alamat email juga jelas, website'nya berkelas atau tidak. Bila memungkinkan lakukan komunikasi intensif dengan pihak Online Shop tersebut.  Periksa testimoni konsumen terhadap Online Shop tersebut. Anda juga bisa periksa via google tentang baik atau buruknya citra Online Shop tersebut di mata orang-orang atau sebagian orang yang mengetahuinya. Dengan meneliti hal-hal sekecil itu maka anda dapat mengurangi resiko anda tertipu bila berbelanja online. Nah, silahkan coba anda survey sendiri.

Sudah yakin? Tidak takut lagi???

Eiiiitttsss, jangan buru-buru. Cermati dulu tips di bawah ini biar lebih jelas...

Hal yang perlu dicermati saat anda berbelanja online ( via internet ) adalah :

  1. Pastikan anda berbelanja pada Online Shop terkemuka baik dalam skala nasional maupun internasional seperti lazada, dan sejenisnya.
  2. Pastikan bahwa Online Shop tersebut mencantumkan alamat real ( nyata ) dan nomor telepon yang dapat dihubungi serta alamat email yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan.
  3. Barang yang ditawarkan terjamin keasliannya. Bukan replika, ataupun barang black market.
  4. Dikirim melalui jasa ekspedisi atau pengiriman barang yang terkemuka dan menjamin ketepatan waktu pengiriman barang serta dapat di klaim bila terjadi kesalahan.
  5. Bayarlah sesuai dengan harga yang telah disepakati termasuk jumlah ongkir atau free ongkir ( ongkos kirim ).
  6. Jangan lupa segera lakukan konfirmasi setelah anda bertransaksi.
  7. Jangan hapus/hilangkan bukti transaksi anda sebelum barang pesanan anda terima dalam kondisi yang baik ( tidak cacat/rusak ).
  8. Segera lihat, check dan coba barang pesanan anda, apakah sudah sesuai dengan pesanan dan anda merasa puas atau tidak.
  9. Jika barang yang anda terima tidak sesuai dengan pesanan, segera lakukan klaim hubungi nomor telepon ataupun email pihak Online Shop yang telah tercantum. Jangan tunda terlalu lama untuk melakukan klaim dan sertakan bukti-bukti transaksi.
  10. Berikan testimoni dengan benar jika anda merasa puas dengan pelayanan Online Shop tersebut. 

Setiap transaksi yang anda lakukan pada sebuah Online Shop adalah tanggung jawab anda dengan Online Shop yang bersangkutan. 

Oleh karena itu cermatilah Online Shop dimana anda berbelanja sebelum anda putuskan untuk memesan. 


 Nah, silahkan kunjungi Online Shop terkemuka yang anda sukai di situs ini. And happy shopping... :)

No comments:

Post a Comment